Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis LDBI K'4 2015


PETUNJUK PELAKSANAAN DAN TEKNIS
LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA (LDBI)
SMKN 4 BANDAR LAMPUNG
          SE-KOTA BANDAR LAMPUNG

A. PETUNJUK PELAKSANAAN
1.      Pendahuluan
Lomba debat bahasa Indonesia SMKN 4 Bandar Lampung (LDBI K’4) merupakan program kerja OSIS SMKN 4 Bandar Lampung yang bertujuan untuk melatih kecakapan dalam mempertahankan argumen dan juga membentuk generasi penerus bangsa yang kritis, berwawasan luas dan cerdas dalam lingkungan berbangsa dan bernegara serta meningkatkan minat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

2.      Bentuk Kegiatan
Kegiatan  ini dirancang berbentuk perlombaan debat dengan mosi/tema yang hangat di kalangan masyarakat. Dalam setiap perdebatan terdapat 3 tim yaitu tim pro, tim kontra, dan tim netral. di setiap tim nya terdapat tiga orang perwakilan dari sekolah yang bersangkutan.

3.      Panitia Pelaksana
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan didukung oleh setiap perwakilan-perwakilan kelas (PK) yang ada di SMKN 4 Bandar Lampung.

4.      Waktu dan tempat kegiatan

Hari Pertama
Hari/tanggal         : Rabu,1 April 2015.
Waktu                  : 1. Pukul 08.00 WIB- 09.00 WIB Upacara Pembukaan.
                               2. Pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB
Tempat                 : Lapangan SMKN 4 Bandar Lampung (jl. HOS Cokroaminoto no. 102 Enggal,  Bandar Lampung)

Hari Kedua
Hari/Tanggal        : Kamis, 2 April 2015.
Waktu                   : pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB
Tempat                 : Lapangan SMKN 4 Bandar Lampung. (jl. HOS Cokroaminoto no. 102 Enggal, Bandar Lampung)

Persyaratan peserta dan pendamping
Peserta kegiatan LDBIK’4 2015 ini adalah siswa/siswi tingkat SMA/MA/SMK yang telah mendapatkan mandat dan izin dari kepala sekolah dan telah daftar pada sekretariat panitia pelaksana LDBIK’4 2015.

a.       Ketentuan Peserta :
1)      Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran lomba, surat rekomendasi sekolah dan uang pendaftaran sejumlah Rp 65.000,-/tim.
2)      Menggunakan tanda peserta yang disediakan oleh panitia.
3)   Tiba dilokasi kegiatan paling lambat 30 menit sebelum pembukaan dimulai dan  langsung mendaftar ulang untuk mendapat fasilitas lomba dengan menukarkan persyaratan administrasi kegiatan seperti kwitansi pembayaran dan formulir pendaftaran.
4)      Setiap sekolah tidak dibatasi dalam mengikutsertakan peserta.
5)      Peserta tidak boleh merangkap ke tim yang berbeda dari sekolah nya.
6)      Peserta yang membatalkan keikutsertaannya dan mengalami keterlambatan diwajibkan memberikan konfirmasi kepada panitia dengan alasan yang logis.

B.    Ketentuan Pendamping :
Adalah guru pendamping atau pembina yang mendapat tugas mendampingi sekolah salah satu tim peserta.

5.     Teknis Administrasi
a.       Pendaftaraan
1)      Pendaftaran dibuka saat surat ini diedarkandan di tutup pada hari jumat tanggal 27 Maret 2015.
2)      pendaftaran dapat dilakukan hari Senin – Sabtu di sekertariat LDBIK’4 (Ruang OSIS) SMKN 4 Bandar Lampung.
3)      Pada saat pendaftaran calon peserta membawa formulir yang telah kami berikan sebanyak 2 lembar (satu untuk panitia dan satu untuk peserta), surat rekomendasi sekolah, dan membayar biaya pendaftaraan sebesar Rp. 65.000,-/tim.
4)      Bagi sekolah yang ingin mendaftarkan tim lebih dari satu, formulir dapat diperbanyak oleh sekolah yang ingin mendaftar.
5)    Permintaan info juklak juknis kegiatan melalui blog kami: www.osissmkn4bandarlampung.blogspot.com
6)    Contact person: 1. Drs. Effendi Supardi   0853-8053-7999
  2. Dzuli Kamala, M.Pdi  0856-6965-1930
  3. Eka Purwanti               0898-7714-735
  4. Agus Nugroho             0897-6981-972

b.   Tekhnical meeting akan dilaksanakan pada :
Hari/tanggal    : Sabtu, 28 Maret 2015
Waktu              : 14.00 WIB s/d Selesai
Tempat            : Aula Mahan Madani SMKN 4 Bandar Lampung.
Peserta             : Perwakilan sekolah yang bersangkutan (maks. 2 orang)
Perlengkapan   : Membawa bukti administrasi
Catatan :
ü  Setiap perwakilan sekolah wajib mengikuti Technical Meeting.
ü  Peserta yang tidak mengirimkan perwakilannya, dianggap menyetujui semua hasil kesepakatan Technical Meeting.

6.      Penghargaan dan Fasilitas peserta
A.     Penghargaan peserta
1.     Piagam Penghargaan
2.     Uang Pembinaan

B.     Fasilitas peserta
1.     Tanda peserta
2.     Snack sejumlah peserta lomba

7.      Dewan juri
Dewan juri berasal dari Balai Bahasa Provinsi Lampung.

8.      Ketentuan pemenang
a.       Juara tim
Juara tim adalah tim yang mendapatkan nilai tertinggi dan mendapatkan piala tetap juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3 serta mendapatkan piagam.

b.      Juara individu (pembicara terbaik)
Juara pembicara terbaik adalah anggota tim yang dinilai oleh dewan juri sebagai pembicara yang baik, dan dinilai pada saat babak final. Dan memperoleh juara 1, 2, 3.

9.      Penutup

Demikian petunjuk pelaksanaan kegiatan LDBIK’4 tahun 2015 ini kami sampaikan. Semoga menjadi bahan kajian dalam memenuhi undangan kami dengan mengirimkan utusannya sebagai peserta dalam kegiatan tersebut. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkati segala amal usaha kita dan memberikan petunjuk kepada kita semua. Aamiin.




B. PETUNJUK TEKNIS

a.     Peraturan Perlombaan:

1.      Peserta menggunakan baju berciri khas dari sekolah nya masing-masing.
2.      Setiap tim terdiri dari 3 siswa.
3.      Terdapat tim pro, kontra, dan netral dalam satu perdebatan.
4.      Tidak diperbolehkan membawa buku atau kertas yang berisikan catatan yang telah disiapkan sebelum berdebat.
5.      Disaat akan tampil peserta diberikan satu lembar kertas kosong per satu orang.
6.      Tema/mosi adalah isu-isu yang hangat di lingkungan masyarakat.
7.      Mengambil tema/mosi dan posisi (pro, kontra, netral) diundi 30 menit sebelum debat dimulai.
8.      Peserta dilarang untuk berkomunikasi kepada penonton saat debat dimulai.
9.      Peserta tidak boleh menggunakan internet untuk mencari materi debat sebelum debat dimulai.
10.  Peserta boleh berdiskusi disaat debat, dengan catatan tidak mengganggu peserta lain.
11.   Peserta diberi waktu 30 menit untuk mendiskusikan tema/mosi yang telah didapatkan.
12.  Pengundian urutan tim dilakukan pada saat TM.

b.  Sistematis Perlombaan:
Pengambilan mosi/tema serta posisi tim
·         Dilakukan 30 menit sebelum debat dimulai.
·         Peserta melakukan pengundian mosi yang telah disediakan oleh panitia.
·         Peserta melakukan pengundian posisi tim (Pro, Kontra, Netral).
·         Peserta di karantina untuk mencari argumen (materi) selama 30 menit.
·         Peserta masuk ke ruang debat setelah mencari materi selama 30 menit.
Sesi perkenalan
·         diberikan waktu selama 1 menit.
·         Peserta dibolehkan membawakan yel-yel.
Sesi argumen
·         Peserta ber-argumen selama 5 menit.
·         Peserta yang pertama ber-argumen yaitu kelompok pro selanjutnya kontra dan diakhiri dengan netral.
·         Disaat kelompok lain sedang ber-argumen kelompok lainnya tidak boleh menyanggah.
Sesi debat
·         Kelompok pro memberi pertanyaan/menyanggah selama 1 menit yang ditujukan kepada kelompok kontra.
·         Kelompok kontra menjawab/memberi tanggapan selama 2 menit.
·         Kelompok kontra memberi pertanyaan/menyanggah selama 1 menit yang ditujukan kepada kelompok pro.
·         Selanjutnya kelompok pro dapat menjawab/memberi tanggapan selama 2 menit.
·         Sesi bertanya/menyanggah dapat lebih dari 1 pertanyaan.
·         Kelompok netral meluruskan dengan diberi waktu selama 3 menit.
·         Kelompok pro menyanggah/menanggapi kelompok netral selama 2 menit.
·         Kelompok kontra menyanggah/menanggapi kelompok netral selama 2 menit
·         Kelompok netral menyanggah/meluruskan dengan diberi waktu 2 menit.
SKEMA SESI PERDEBATAN
Pro (1m) > kontra    (2m)
Kontra (1m) > pro   (2m)
Netral meluruskan   (3m)
Pro                            (2m)
Kontra                      (2m)
Netral                       (2m)  +
Jumlah waktu:         15 m

Sesi kesimpulan
·         Kelompok pro memberikan kesimpulan dengan waktu 1 menit.
·         Kelompok kontra memberikan kesimpulan dengan waktu 1 menit.
·         Kelompok netral memberikan kesimpulan dengan waktu 1 menit.

c. Kriteria Penilaian
A.    Penguasaan Materi (40%)
1.    Pemenuhan kriteria posisi
2.    Pemenuhan argumen
3.    Kelengkapan materi
4.    Penggunaan sumber/rujukan

B.     Penguasaan Kebahasaaan (40%)
1.      Ketepatan tata bahasa
2.      Ketepatan bentuk dan pilihan kata
3.      Penggunaan gaya bahasa
4.      Keruntutan informasi

C.     Penyajian Materi (20%)
1.      Kepercayaan diri
2.      Kerja sama anggota tim
3.      Kesopanan dan kesantunan
4.      Ketepatan paralinguistik.

Related Posts

SMK N 4 BDL. Diberdayakan oleh Blogger.