PETUNJUK
PELAKSANAAN DAN TEKNIS
LOMBA
DEBAT BAHASA INDONESIA (LDBI)
SMKN
4 BANDAR LAMPUNG
SE-KOTA BANDAR LAMPUNG
A. PETUNJUK PELAKSANAAN
1.
Pendahuluan
Lomba debat
bahasa Indonesia SMKN 4 Bandar Lampung (LDBI K’4) merupakan program kerja OSIS SMKN
4 Bandar Lampung yang bertujuan untuk melatih kecakapan dalam mempertahankan
argumen dan juga membentuk generasi penerus bangsa yang kritis, berwawasan luas
dan cerdas dalam lingkungan berbangsa dan bernegara serta meningkatkan minat
berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
2. Bentuk
Kegiatan
Kegiatan ini dirancang berbentuk perlombaan debat
dengan mosi/tema yang hangat di kalangan masyarakat. Dalam setiap perdebatan
terdapat 3 tim yaitu tim pro, tim kontra, dan tim netral. di setiap tim nya
terdapat tiga orang perwakilan dari sekolah yang bersangkutan.
3. Panitia
Pelaksana
Kegiatan ini dilaksanakan oleh
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan didukung oleh setiap
perwakilan-perwakilan kelas (PK) yang ada di SMKN 4 Bandar Lampung.
4. Waktu
dan tempat kegiatan
Hari
Pertama
Hari/tanggal : Rabu,1 April 2015.
Waktu : 1. Pukul 08.00 WIB- 09.00
WIB Upacara Pembukaan.
2. Pukul 09.00
WIB – 16.00 WIB
Tempat :
Lapangan SMKN 4 Bandar Lampung (jl. HOS Cokroaminoto no. 102 Enggal, Bandar Lampung)
Hari
Kedua
Hari/Tanggal : Kamis, 2 April 2015.
Waktu :
pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB
Tempat : Lapangan SMKN 4 Bandar Lampung. (jl.
HOS Cokroaminoto no. 102 Enggal, Bandar Lampung)
Persyaratan peserta dan pendamping
Peserta
kegiatan LDBIK’4 2015 ini adalah siswa/siswi
tingkat SMA/MA/SMK yang telah mendapatkan mandat dan izin dari kepala sekolah
dan telah daftar pada sekretariat panitia pelaksana LDBIK’4 2015.
a.
Ketentuan Peserta :
1)
Mengisi dan menyerahkan formulir
pendaftaran lomba, surat rekomendasi sekolah dan uang pendaftaran sejumlah Rp
65.000,-/tim.
2)
Menggunakan tanda peserta yang
disediakan oleh panitia.
3) Tiba dilokasi kegiatan paling lambat
30 menit sebelum pembukaan dimulai dan langsung mendaftar ulang untuk mendapat
fasilitas lomba dengan menukarkan persyaratan administrasi kegiatan seperti
kwitansi pembayaran dan formulir pendaftaran.
4)
Setiap sekolah tidak dibatasi dalam mengikutsertakan peserta.
5)
Peserta tidak boleh merangkap ke tim
yang berbeda dari sekolah nya.
6)
Peserta yang membatalkan keikutsertaannya
dan mengalami keterlambatan diwajibkan memberikan konfirmasi kepada panitia
dengan alasan yang logis.
B. Ketentuan Pendamping :
Adalah
guru pendamping atau pembina yang mendapat tugas mendampingi sekolah salah satu
tim peserta.
5. Teknis Administrasi
a. Pendaftaraan
1) Pendaftaran
dibuka saat surat ini diedarkandan di tutup pada hari jumat tanggal 27 Maret 2015.
2) pendaftaran
dapat dilakukan hari Senin – Sabtu di sekertariat LDBIK’4 (Ruang OSIS) SMKN 4
Bandar Lampung.
3) Pada
saat pendaftaran calon peserta membawa formulir yang telah kami berikan sebanyak
2 lembar (satu untuk panitia dan satu untuk peserta), surat rekomendasi
sekolah, dan membayar biaya pendaftaraan sebesar Rp. 65.000,-/tim.
4) Bagi sekolah yang ingin mendaftarkan tim lebih dari satu, formulir dapat diperbanyak oleh sekolah yang ingin mendaftar.
5) Permintaan
info juklak juknis kegiatan melalui blog kami: www.osissmkn4bandarlampung.blogspot.com
6) Contact
person: 1. Drs. Effendi Supardi 0853-8053-7999
2. Dzuli Kamala, M.Pdi
0856-6965-1930
3. Eka Purwanti 0898-7714-735
4. Agus Nugroho 0897-6981-972
b. Tekhnical meeting akan dilaksanakan pada :
Hari/tanggal : Sabtu, 28 Maret 2015
Waktu
: 14.00 WIB s/d Selesai
Tempat : Aula Mahan Madani SMKN 4 Bandar Lampung.
Peserta : Perwakilan sekolah yang bersangkutan (maks. 2 orang)
Perlengkapan : Membawa bukti administrasi
Catatan :
ü
Setiap perwakilan sekolah wajib
mengikuti Technical Meeting.
ü
Peserta yang tidak mengirimkan
perwakilannya, dianggap menyetujui semua hasil kesepakatan Technical Meeting.
6.
Penghargaan
dan Fasilitas peserta
A. Penghargaan
peserta
1. Piagam Penghargaan
2. Uang Pembinaan
2. Uang Pembinaan
B. Fasilitas
peserta
1. Tanda peserta
2. Snack sejumlah peserta lomba
7.
Dewan juri
Dewan juri berasal dari Balai Bahasa Provinsi Lampung.
8.
Ketentuan pemenang
a.
Juara tim
Juara tim adalah tim yang
mendapatkan nilai tertinggi dan mendapatkan piala tetap juara 1, 2, 3 dan
harapan 1, 2, 3 serta mendapatkan piagam.
b.
Juara individu (pembicara terbaik)
Juara
pembicara terbaik adalah anggota tim yang dinilai oleh dewan juri sebagai
pembicara yang baik, dan dinilai pada saat babak final. Dan memperoleh juara 1,
2, 3.
9.
Penutup
Demikian
petunjuk pelaksanaan kegiatan LDBIK’4 tahun 2015 ini kami sampaikan. Semoga
menjadi bahan kajian dalam memenuhi undangan kami dengan mengirimkan utusannya
sebagai peserta dalam kegiatan tersebut. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu
memberkati segala amal usaha kita dan memberikan petunjuk kepada kita semua. Aamiin.
B.
PETUNJUK TEKNIS
a. Peraturan
Perlombaan:
1.
Peserta menggunakan baju berciri
khas dari sekolah nya masing-masing.
2.
Setiap
tim terdiri dari 3 siswa.
3.
Terdapat
tim pro, kontra, dan netral dalam satu perdebatan.
4.
Tidak
diperbolehkan membawa buku atau kertas yang berisikan catatan yang telah
disiapkan sebelum berdebat.
5.
Disaat
akan tampil peserta diberikan satu lembar kertas kosong per satu orang.
6.
Tema/mosi
adalah isu-isu yang hangat di lingkungan masyarakat.
7.
Mengambil
tema/mosi dan posisi (pro, kontra, netral) diundi 30 menit sebelum debat
dimulai.
8.
Peserta
dilarang untuk berkomunikasi kepada penonton saat debat dimulai.
9.
Peserta
tidak boleh menggunakan internet untuk mencari materi debat sebelum debat
dimulai.
10.
Peserta
boleh berdiskusi disaat debat, dengan catatan tidak mengganggu peserta lain.
11.
Peserta diberi waktu 30 menit untuk
mendiskusikan tema/mosi yang telah didapatkan.
12.
Pengundian
urutan tim dilakukan pada saat TM.
b. Sistematis Perlombaan:
Pengambilan mosi/tema serta posisi tim
·
Dilakukan
30 menit sebelum debat dimulai.
·
Peserta
melakukan pengundian mosi yang telah disediakan oleh panitia.
·
Peserta
melakukan pengundian posisi tim (Pro, Kontra, Netral).
·
Peserta
di karantina untuk mencari argumen (materi) selama 30 menit.
·
Peserta
masuk ke ruang debat setelah mencari materi selama 30 menit.
Sesi perkenalan
·
diberikan
waktu selama 1 menit.
·
Peserta
dibolehkan membawakan yel-yel.
Sesi argumen
·
Peserta
ber-argumen selama 5 menit.
·
Peserta
yang pertama ber-argumen yaitu kelompok pro selanjutnya kontra dan diakhiri
dengan netral.
·
Disaat
kelompok lain sedang ber-argumen kelompok lainnya tidak boleh menyanggah.
Sesi debat
·
Kelompok
pro memberi pertanyaan/menyanggah selama 1 menit yang ditujukan kepada kelompok
kontra.
·
Kelompok
kontra menjawab/memberi tanggapan selama 2 menit.
·
Kelompok
kontra memberi pertanyaan/menyanggah selama 1 menit yang ditujukan kepada
kelompok pro.
·
Selanjutnya
kelompok pro dapat menjawab/memberi tanggapan selama 2 menit.
·
Sesi
bertanya/menyanggah dapat lebih dari 1 pertanyaan.
·
Kelompok
netral meluruskan dengan diberi waktu selama 3 menit.
·
Kelompok
pro menyanggah/menanggapi kelompok netral selama 2 menit.
·
Kelompok
kontra menyanggah/menanggapi kelompok netral selama 2 menit
·
Kelompok
netral menyanggah/meluruskan dengan diberi waktu 2 menit.
SKEMA
SESI PERDEBATAN
Pro (1m) > kontra (2m)
Kontra (1m) > pro (2m)
Netral meluruskan (3m)
Pro (2m)
Kontra (2m)
Netral (2m) +
Jumlah waktu: 15 m
Sesi kesimpulan
·
Kelompok
pro memberikan kesimpulan dengan waktu 1 menit.
·
Kelompok
kontra memberikan kesimpulan dengan waktu 1 menit.
·
Kelompok
netral memberikan kesimpulan dengan waktu 1 menit.
c.
Kriteria Penilaian
A.
Penguasaan
Materi (40%)
1.
Pemenuhan
kriteria posisi
2.
Pemenuhan
argumen
3.
Kelengkapan
materi
4.
Penggunaan
sumber/rujukan
B.
Penguasaan
Kebahasaaan (40%)
1.
Ketepatan
tata bahasa
2.
Ketepatan
bentuk dan pilihan kata
3.
Penggunaan
gaya bahasa
4.
Keruntutan
informasi
C.
Penyajian
Materi (20%)
1.
Kepercayaan
diri
2.
Kerja
sama anggota tim
3.
Kesopanan
dan kesantunan
4.
Ketepatan
paralinguistik.